Intimidasi Dalam Pilkada Merusak Demokrasi dan Bangkitkan Memori Orde Baru – Berita online Lokal


BITUNG, BERITA ONLINE LOKAL – Pemilu dalam iklim demokrasi sejatinya memberikan jaminan. Konstitusi menjamin setiap warga negara yang mempunyai hak memilih bebas menentukan pilihan politiknya.

Pemilu adalah penyelenggaraan demokrasi yang seharusnya memerdekakan sekaligus menggembirakan rakyat. Akan aneh bila sebuah hajatan malah menimbulkan rasa takut karena di dalam proses penuh tekanan dan intimidasi.

Hal ini ditegaskan salah satu Praktisi Hukum Kota Bitung, Rio M. Pusung, SH saat bersua dengan awak media di salah satu rumah kopi, kecamatan Madidir, Senin (28/10/2024).

Menurutnya, di era reformasi seperti sekarang ini, praktik intimidasi tetap menjadi bumbu pahit yang masih menghantui. Hal ini serupa dengan politik uang dan pelanggaran netralitas, selalu muncul di setiap penyelenggaraan pemilu, bahkan hingga menjelang detik-detik pencoblosan.

“Akhir-akhir ini bisa kita liat pemberitaan di beberapa media, bahkan sudah menjadi konsumsi di masyarakat. Bahwa dugaan intimidasi terhadap salah satu Paslon Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Bitung, dilakukan bahkan secara terstruktur,” ucap Rio.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara juga menuturkan, bahwa apapun bentuknya, intimidasi sangat berbahaya bagi demokrasi karena praktik itu akan menggerus kebebasan sipil.

“Mesti teringat bahwa kita tidak lagi hidup di era Orde Baru ketika penguasa memonopoli kebenaran seluruh. Mereka yang memiliki pilihan politik berbeda, tidak hanya mendapat intimidasi, tetapi teror dan bahkan tertidur. Kebebasan sipil tidak dihargai,” tegas Rio.

Kini, tambah Rio, kita hidup di zaman ketika semua elemen negeri bertekad untuk mengukur berbagai kesalahan di masa lalu. Sudah sepantasnya bila kita harus membuktikan mampu mencerminkan demokrasi yang lebih baik.

“Mari sama-sama kita menghormati kebebasan sipil. Hentikan segala bentuk tekanan dan intimidasi. Jangan rusak iklim demokrasi yang kita bantah dan perjuangkan dengan susah payah, dengan terus melanggengkan tindakan dengan cara-cara preman seperti itu,” tutupnya.


Tampilan Postingan: 1.765



Source link

Leave a Comment