8 Hari Kegiatan Jokowi Usai Lengser: Bagi-bagi Kaus, Bertemu Muhadjir



Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas kursi presiden pada Minggu, 20 Oktober 2024. Setelah satu dekade memimpin Indonesia dan berkantor di Jakarta, Jokowi pulang ke kampung halaman di SoloJawa Tengah.

Bersama sang istri, Iriana, Jokowi bertolak ke Solo dari Lanud Halim Perdanakusuma usai upacara pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Berikut ini sejumlah aktivitas Jokowi yang menarik publik setelah tak lagi jadi presiden.

Salam perpisahan ke warga Jakarta

Jokowi sempat menyapa warga Jakarta dalam perjalanan menuju Lanud Halim Perdanakusuma. Ia menunjukkan tangan kepada warga yang memadati sepanjang Jalan Sudirman.

Pada momen itu, ia masih mengenakan beskap hitam dan peci sambil tersenyum lebar. Ada sebagian warga yang menyampaikan terima kasih kepada Jokowi.

Presiden Prabowo Subianto pun ikut mengiringi perjalanan ini hingga melepas lelah Jokowi di bandara.

Bagi-bagi kaus di Solo

Setibanya di Solo, Jokowi pun menyapa masyarakat yang menyambutnya dari Bandara Adi Soemarmo. Ia membagi-bagikan kaus bergambar mozaik wajahnya dari dalam mobil.

Ia dan Iriana menaiki mobil taktis terbuka buatan PT Pindad. Tak hanya warga, sejumlah pejabat daerah mengiringi Jokowi dan Iriana hingga ke kediaman pribadi mereka di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo.

Terima kedatangan calon kepala daerah dari KIM

Malam hari setelah tiba di rumah, Jokowi mempersilakan sejumlah calon kepala daerah dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang menyambutnya untuk bertamu.

Salah satunya, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen. Mereka menjadi yang pertama diundang masuk ke dalam rumah Jokowi.

Selanjutnya diikuti calon Bupati Karanganyar Ilyas Akbar Almadani, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo calon Respati Ardi dan Astrid Widayani, dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak bersama istrinya, Arumi Bachsin.

Tadi saya lihat pada ngumpul di sini, ya saya ajak masuk barang lima menit, lima menit, ucap Jokowi.

Jokowi pun mengaku kepada calon kepala daerah yang meminta berkampanye. tetapi ia menanggapinya dengan berkelakar. “Semuanya [mengajak kampanye]. Tapi aku mau tidur,” ucapnya.

Sarapan sate di Sukoharjo

Melalui unggahan video di akun media sosial pribadinya, Rabu (23/10), Jokowi memperlihatkan dirinya sedang menikmati sarapan pagi di daerah Sukoharjo. Ia menyantap menu sate bersama Iriana di Warung Sate Kambing Mas Di.

Sokidi, sang pemilik warung, sempat ditemui pada Rabu siang. Ia mengungkapkan pada momen itu, Jokowi memesan tongseng, sedangkan Iriana memesan gulai dan sate buntel.

Ia menambahkan, Jokowi sudah menjadi pelanggan setia di warung satenya sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo. Saat menjabat sebagai Presiden RI, Jokowi juga sering datang ke warungnya.

Salat Jumat bersama Kaesang di Masjid Solo

Jokowi menunaikan salat jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jumat (25/10). Dia datang bersama anak bungsunya, Kaesang Pangarep. Mereka memasuki masjid melalui jalur umum masyarakat di belakang masjid.

Jokowi tampak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan peci hitam, sedangkan Kaesang berpakaian hitam.

Kedatangan Jokowi di masjid tersebut disambut meriah oleh warga sekitar, pengurus masjid, dan para jemaah. Selepas turun dari mobil, Jokowi langsung menemui salah satu pengurus masjid untuk bersalaman.

Di dalam masjid, Jokowi langsung menempati saf paling depan. Usai melaksanakan salat, Jokowi kembali diserbu jemaah yang ingin bersalaman dan foto bersama. Namun, dia enggan berdiskusi dengan wartawan saat itu.

Jalan-jalan malam

Belum lama ini, Jokowi terlihat masyarakat sedang menikmati suasana malam Kota Solo dengan berjalan-jalan di Jalan Gatot Subroto, Minggu (27/10).

Ini adalah kegiatan akhir pekan pertama Jokowi usai purna tugas. Jokowi sempat menikmati penampilan musisi jalanan di sana.

Dalam momen tersebut, Jokowi hanya didampingi ajudan dan anggota Paspampres. Kehadirannya sempat tak disadari warga, namun tak lama setelahnya, warga berusaha mendekat, bersalaman, mengambil foto dan video, hingga mengajak foto bersama.

Jokowi juga tampak beberapa kali memegang ponsel warga yang ingin berfoto bersamanya.

Bertemu Muhadjir Effendy, bahas urusan haji

Pada Minggu sore, Jokowi menerima kedatangan Penasihat Presiden Urusan Haji Muhadjir Effendy di kediamannya, Solo. Pertemuan itu diunggah Muhadjir di akun Instagram pribadi @muhadjir_effendy.

Dia memberkan dirinya membahas persoalan haji dengan Jokowi. Kami juga berbincang mengenai persoalan penyelenggaraan haji, disertai dengan tugas saya yang baru sebagai Penasihat Khusus Presiden di bidang haji, tulis Muhadjir.

Eks Menteri Koordinator Bidang PMK itu menambahkan pertemuan tersebut merupakan kunjungan perdananya setelah Jokowi lengser. Ia mengaku sempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jokowi atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Presiden RI.

(arn/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment