Projo Buka Suara soal Kemungkinan Jadi Partai Usai Jokowi Purnatugas




Jakarta, CNN Indonesia

Organisasi lawan Joko Widodo, Projomenanggapi kemungkinan bertransformasi menjadi partai politik usai Jokowi purnatugas sebagai presiden.

Bendahara Umum (Bendum) Projo Panel Barus menegaskan organisasinya membuka diri untuk bertransformasi, baik mengubah bentuk organisasi ataupun strategi dan taktik perjuangan. Namun, katanya, perubahan itu sepenuhnya bergantung pada sejumlah hal.

Kalau Projo menjadi partai atau tidak, itu tergantung pertama-tama sepenuhnya pada keinginan rakyat. Kedua, apapun transformasi dalam tubuh Projo akan dibicarakan dan dibahas di forum kongres. Kongres sebagai mekanisme pengambilan keputusan tertinggi. Jadi, enggak bisa perubahan itu mengakhiri satu orang saja ,” kata Panel kepada CNNIndonesia.comMinggu (27/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Pertimbangan terakhir adalah sosok Joko Widodo. Menurut Panel, ada fakta bahwa Jokowi masih disukai rakyat meskipun telah melakukan tugas.

Meski demikian Panel kembali menegaskan bahwa keputusan perubahan Projo akan ditentukan lewat kongres ketiga nanti.

“Semua itu akan dibicarakan dan diputuskan di kongres, karena di forum itulah kedaulatan para anggota Projo dalam menentukan arah Projo ke depan,” kata dia.

Kongres III Projo dijadwalkan akan digelar pada Desember 2024. Panel mengaku belum mengetahui pasti lokasi kongres Projo nanti. Namun, dia memastikan kongres akan mengusung tema soal transformasi Projo.

Panel juga memastikan Projo akan berkonsultasi dulu dengan Jokowi sebelum menggelar kongres. Selain itu, Projo akan meminta arahan kepada Presiden Prabowo Subianto.

“Karena namun Pak Jokowi adalah ketua dewan pembina Projo. Itu ada di AD/ART kami, tercatat di Kumham. Tentu kami akan berkonsultasi dengan Jokowi dan meminta Arahan Presiden Prabowo,” kata Panel.

“Yang jelas, kongres tiga Projo sudah pasti isu utamanya adalah transformasi Projo. Kami bisa saja mengubah bentuk organisasi, mengubah strategi taktik. Wajar organisasi berubah karena masalah berubah, tujuannya berubah dan tantangan juga berubah dari kongres satu hingga tiga nanti,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi hari ini juga berbicara soal isu perubahan Projo menjadi partai. Jokowi mengaku menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada Projo.

Ya terserah Projo, kata Jokowi ditanya mengenai harapan Projo ke depan jadi parpol atau relawan di Soto Triwindu, dilansir detikJateng, Minggu (27/10).

(tim/bijaksana)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment