Airlangga Kagumi Parade Senja Saat Retreat Akmil: Sangat Impresif




Magelang, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Mengungkapkan kekagumannya akan prosesi Upacara Parade Senja saat mengikuti retret bersama Kabinet Merah Putih (KMP) di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Politisi Golkar itu, menyaksikan Parade Senja adalah pengalamannya paling berkesan selama tiga hari mengikuti retret di Akmil.

“Pengalaman paling berkesan itu saat Parade Senja. Parade Senja itu taruna betul-betul disiplin, langkah-langkahnya cantik, tegap, baik indah dan hujan waktu itu. Jadi luar biasa, sangat mengesankan,” kata Airlangga di Bandara Adisutjipto usai menyelesaikan retret di Akmil , Minggu (27/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Namun, Airlangga juga melihat secara positif susunan acara retret secara keseluruhan yang menurutnya mampu membangun keakraban dan kekompakan seluruh komponen KMP.

“Ini tentu dipakai juga kesempatan selain kegiatan fisik tetapi juga kesamaan frekuensi dan persepsi dan juga Arah-arahan presiden sangat jelas. Kami punya kesan positif terhadap Akademi Militer,” ucapnya.

Dikutip dari laman resmi Akademi Militer, Upacara Parade Senja yang di Lapangan Pancasila, Akmil dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo Subianto. Upacara tersebut juga dihadiri oleh anggota Kabinet Merah Putih (KMP) dan diikuti oleh 1.200 taruna Akademi Militer dari empat matra TNI.

Dalam upacara itu, Prabowo bertindak sebagai Upacara Inspektur, sementara Walikota Sersan Satu Taruna (Sermatutar) Irfan Yuda menjadi Upacara Perwira. Parade dipimpin oleh Komandan Upacara, Sermatutar Aldrian Ahmad Effendi.

Prosesi Upacara Parade Senja berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB di depan Gedung Graha Utama, yang telah diresmikan pada Januari 2024 oleh Prabowo bersama Presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Acara ini berlangsung di tengah hujan deras, saat Prabowo bersama jajaran Menteri Koordinator melakukan pemeriksaan pasukan dengan menaiki kendaraan Maung Pindad.

Parade Senja kali ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan, mulai dari keterampilan baris-berbaris hingga defile pasukan serta pertunjukan “Genderang Suling Canka Lokanantan GSCL Akademi Militer” di hadapan Kabinet Merah Putih.

(kum/tidak)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment