Cagub Hendrik Sebut Maluku Provinsi Termiskin Nomor 4 se-Indonesia




Ambon, CNN Indonesia

Calon gubernur maluku nomor urut 3, Hendrik Lewerissa menyebut tidak banyak perubahan selama lima tahun terakhir. Menurutnya, maluku masih menjadi provinsi termiskin nomor 4 se-Indonesia.

“Kami tidak sekedar asal-asalan menyampaikan kondisi Maluku tidak baik-baik saja namun kami memiliki data, data kita hari ini menunjukkan Maluku merupakan provinsi termiskin nomor 4 di Indonesia,” kata Hendrik dalam Debat Perdana Pilgub Maluku 2024, Sabtu (26/10) .

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Hendrik menyebut Maluku masih tergolong miskin karena banyak faktor. Ia mencontohkan prestasi Maluku di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Ace-Sumatera Utara yang hanya mampu meraih dua medali emas.

“Ini contoh paling sederhana saja, di prestasi olahraga saja kita sudah kalah, apalagi dengan yang lain,” ujarnya.

Selain itu, kata Hendrik, RSUD Haulussy Ambon hingga saat ini masih kekurangan obat-obatan. Padahal, RSUD Haulussy Ambon merupakan rumah sakit daerah tingkat provinsi.

“Ini miris sekali bagi Maluku, belum lagi dengan indikasi-indikasi yang lain,” ujarnya.

Hendrik mengatakan tidak bermaksud menyerang siapa pun karena mengungkap kondisi Maluku yang memprihatinkan tersebut. Menurutnya, semua pihak harus bersama-sama memperbaiki kondisi tersebut.

“Kondisi miris inilah yang harus kita benahi, kita tidak berkeinginan untuk saling menyerang siapa pun namun kita harus sampaikan kepada masyarakat, kita punya potensi sumber daya namun ini menjadi masalah bersama,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Debat Perdana Pilgub Maluku 2024. Debat berlangsung di Hotel Natsepa, Sabtu (26/10).

Tema pada debat perdana Pilgub Maluku ini adalah Akselerasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Maluku Yang Berdaya Saling dan Berbudaya Berbasis Kearifan Lokal.

Pada gelaran perdana, debat terbagi dalam enam segmen pertama dan kedua dalam waktu pasangan calon untuk memaparkan visi dan misi.

Di segmen kedua dan segmen ketiga pasangan calon menjawab pertanyaan dari panelis. Lalu di segmen empat dan lima adalah tanya jawab antar Paslon dan di segmen enam adalah pernyataan penutup.

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yang mengikuti kontestasi Pilgub Maluku 2024.

Mereka masing-masing pasangan nomor urut 1, Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas, pasangan nomor urut 2, Murad Ismail-Michael Wattimena dan pasangan nomor urut 3, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath.

(sai/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment