Persepi Soroti Beda Hasil Survei Pilgub DKI dari LSI dan Poltracking




Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kewilayahan Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) Burhanudin Muhtadi mengatakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Poltracking Indonesia harus mempertanggungjawabkan data dan metodologi survei mereka di hadapan Dewan Etik Persepi.

Hal itu buntut adanya perbedaan hasil survei Pilgub Jakarta 2024 dari dua lembaga tersebut. Hasil survei dua lembaga yang dirilis secara terpisah pada pekan ini bisa dibilang cukup berbanding terbalik.

Bedanya sangat signifikan secara statistik, dan karenanya sebagai anggota Persepi kedua lembaga harus mempertanggungjawabkan metodologi dan datanya kepada dewan etik, kata Burhanudin saat dikonfirmasi, Jumat (25/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Burhan mengaku ikut menyusun kode etik Persepi. Ia mengatakan dua lembaga itu nanti harus menyerahkan data mentah (data mentah) pengawasan. Lalu, pengecekan kuosioner akan dilakukan.

“Kemudian dicek apakah sampel aslinya berapa banyak, kemudian juga kuoesionernya apakah mengarahkan atau tidak. Kemudian akan dicek berapa banyak responden yang ditemani oleh petugas. karena unit analisis dalam survei itu individu, jadi kalau ada Ketua RT yang menemani proses wawancara seharusnya di-menurunkan, karena akan menambah kesalahan non-sampling,” ujar Burhan.

Burhan mengatakan bukannya tidak mungkin dua lembaga survei itu sama-sama benar, meskipun hasil keduanya bertolak belakang.

“Hal-hal semacam itu akan kita selidiki karena tidak mungkin dua-duanya benar, karena saling bertolak belakang semacam itu,” ujar dia yang juga dikenal sebagai Direktur Eksekutif Indikator Politik tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan akan ada ancaman sanksi dari Persepi jika ditemukan kesalahan sistematis dari dua lembaga survei tersebut.

Contohnya, kata Burhan, Persepi pernah memecat lembaga survei yang tidak jujur ​​pada Pilpres 2024.

Pengalaman Persepi ini bukan yang pertama, kita pernah memecat 5 atau 6 anvgota persepi yang melalukan kesalahan, ketidakjujuran di pilpres 2014.
Persepi tidak main main soal integritas, kalau misal ada kesalahan dan kesalahan itu sistematik dan tidak terampuni, kami akan umumkan dan dewan etik akan memberikan hukuman keras,” katanya.

Hasil survei LSI yang diumumkan Rabu (23/12) memotret elektabilitas Pramono Anung-Rano Karno tertinggi di Pilkada Jakarta 2024.

Pramono-Rano meraih elektabilitas 41,6 persen. Disusul Ridwan Kamil-Suswono di kedua dengan 37,4 persen dan Dharma-Kun di posisi paling buncit dengan 6,6 persen.

Survei dilakukan setelah debat perdana Cagub-Cawagub Jakarta. Survei dilaksanakan pada 10-17 Oktober 2024.

Sampel survei sebanyak 1.200 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan tingkat margin of error +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, menggunakan asumsi simple random sampling.

Sehari setelahnya, Poltracking Indonesia mencatat keunggulan pasangan nomor urut satu Ridwan Kamil-Suswono dengan keunggulan elektabilitas mencapai 51,6 persen.

RK-Suswono unggul dari paslon nomor urut tiga, Pramono Anung-Rano Karno di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 36,4 persen. Lalu di urutan ketiga ada Paslon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana dengan 3,9 persen.

Survei Poltracking dilakukan pada 10-16 Oktober 2024 terhadap 2.000 responden warga DKI yang memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Surveilans menggunakan metode pengambilan sampel acak multi tahap dengan margin kesalahan kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(yoa/anak-anak)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment