Cerita Komando Lonceng Prabowo-Gibran Saat Makan Bersama Menteri




Jakarta, CNN Indonesia

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menceritakan pengalamannya mengikuti prosesi makan pagi dan makan siang terpimpin yang diikuti oleh Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming bersama seluruh menteri di 'Reatret Magelang' di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10).

Ia bercerita, pada pagi hari seluruh anggota kabinet sudah berada di tenda makan KS Tubun di kawasan Akmil pada pukul 08.00 WIB untuk sarapan pagi. Prosesi makan pagi dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Namun, ia mengatakan sarapan pagi ini tidak boleh dimulai sendiri. Melainkan ada 'komando' dari Presiden Prabowo yang membunyikan lonceng satu kali, lalu seluruh anggota kabinet menundukkan kepala sambil berdoa.

Setelah hening sejenak, bel berbunyi dua kali sebagai pertanda proses doa selesai dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Lalu, seluruh anggota kabinet serentak bermakna 'selamat makan', kata Hasan dalam keterangannya, Jumat (25/10).

Tidak hanya sarapan yang dimulai bersamaan, Hasan mengatakan berakhirnya sarapan pun harus di saat yang bersamaan.

Ketika bel berbunyi sekali lagi, ia mengatakan semua anggota kabinet berhenti sarapan dan berdoa setelah makan.

“Lalu bel berbunyi dua kali sebagai tanda akhir dari doa, dan semuanya berada di 'terima kasih',” kata dia.

Tak cuma pada prosesi sarapan pagi, Hasan mengatakan ketika makan siang juga dengan prosesi yang sama. Namun pada saat makan siang prosesi ini dipimpin oleh Wapres Gibran.

“Mungkin terkesan sepele, tapi bagi saya ini bagian dari keteraturan dan kedisiplinan yang diajarkan di sini,” kata dia.

Hasan mengatakan Reatret Magelang mengajarkan kebersamaan dan kedisplinan, seperti yang dirasakan oleh para taruna Akmil yang digembleng setiap harinya.

Ia mengaku bisa membayangkan pembentukan karakter dan semangat korps yang ditanamkan di Akmil Magelang selama ini.

“Dua hari yang bagi orang-orang seperti saya penting untuk menyerap energi para patriot-patriot bangsa agar setia pada tujuan berbangsa dan bernegara,” kata Hasan.

Prabowo mengumpulkan semua pembantunya di kabinet di Akmil Magelang sejak Kamis (24/10) hingga Minggu (27/10). Berbagai kegiatan pun dilakukan seperti olahraga bersama di pagi hari hingga para menteri mengikuti pembekalan dari Prabowo dan berbagai topik materi.

(rzr/ugo)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment