TNI AL dan Russian Navy Latihan Bersama pada 4-8 November




Jakarta, CNN Indonesia

TNI AL bersama Angkatan Laut Rusia (Angkatan Laut Rusia) akan menggelar Latihan Bersama (Latma) Orruda 2024 yang rencana dilaksanakan di wilayah Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, pada 4 hingga 8 November mendatang.

Latma Orruda 2024 merupakan agenda bilateral antara TNI AL dan Angkatan Laut Rusia, dimana latihan ini merupakan latihan bersama pertama yang dilaksanakan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Rusia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Mengutip dari keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Laut, dijelaskan Latma Orruda 2024 merupakan hasil kesepakatan pada pertemuan Navy to Navy Talks (NTNT) pertama pada tahun 2018 antara TNI AL dengan Angkatan Laut Rusia.

Nama Orruda adalah kombinasi dari simbol nasional kedua negara, yaitu Orel (Elang Rusia) dan Garuda (Indonesia).

Latihan bersama ini merupakan latihan Operasi Militer Perang (OMP) yang terbagi atas 2 fase yaitu Harbour Phase dan Sea Phase.

Alutsista yang akan dikerahkan TNI AL dalam Latma Orruda 2024 antara lain KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Frans Kaisiepo-368, dan helikopter AS 565 MBE.

Sedangkan Angkatan Laut Rusia akan menurunkan kapal perang Corvet Class seperti RF Soversheny, RF Gromky dan RF Aldar Tsydenzhapov, serta Medium Tanker Ship, Helikopter KA-27 dan Tug Salvage Alatau.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL agar memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan.

“Serta mempersiapkan dengan matang latihan bersama yang akan digelar bersama negara-negara sahabat agar berjalan sesuai rencana,” kata Ali.

Sebelumnya Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Sergei Tolchenov, kepada kantor berita Rusia, TASSSabtu (19/10), mengatakan latihan bersama itu ;atihan skala besar bersama itu akan menjadi perhatian, “Akan dilihat baik oleh kawan kita dan para musuh.”

(yoa/anak-anak)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment