Gibran Blusukan ke Proyek Saluran Air Limbah Jakut, Minta Rampung 2026




Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka blusukan ke proyek Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1 di Jalan Pluit Timur Raya, Penjaringan, Jakarta UtaraKamis (24/10) pagi.

Gibran didampingi Menteri Pekerjaan Umum Doddy Hanggodo, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Diana Kusumastuti, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Ia menegaskan proyek sistem pengolahan air limbah ini penting karena kawasan organisasi, bisnis, dan industri di Jakarta semakin padat. Hal ini akan berdampak langsung terhadap kondisi udara, sanitasi, dan produksi limbah di DKI Jakarta.

Putra sulung Joko Widodo (Jokowi) itu berharap proyek bisa selesai tepat waktu pada tahun 2026. Dengan demikian, proyek ini bisa segera melayani saluran air limbah di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara yang terdiri dari delapan kecamatan.

“Sehingga bahaya limbah pada lingkungan dapat diminimalkan dan kualitas hidup masyarakat dapat ditingkatkan,” kata Gibran dalam keterangan resmi Setwapres, Kamis.

Dikutip di laman resmi Sekretariat Kabinet, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Domestik di DKI Jakarta meliputi dua zona pelayanan, yaitu Zona 1 dan Zona 6.

Pembangunan Zona 1 rencananya akan dibiayai oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Nilai investasi untuk pembangunan Zona 1 sebesar Rp9,87 triliun (Rp7,7 triliun dari Kementerian PUPR dan Rp2,17 triliun dari APBD Provinsi DKI Jakarta), termasuk untuk jaringan perpipaan dengan sistem interseptor.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment