Deret Fakta Menteri-Wamen yang Akan Digembleng Prabowo di Lembah Tidar



Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Prabu Subianto akan menggembleng para menteri Kabinet Merah Putih setelah pelantikan ratusan kantor dalam dua hari terakhir.

Ratusan orang itu terdiri dari 48 menteri, 55 wakil menteri, lima kepala lembaga negara setingkat menteri dan satu wakil kepala staf kepresidenan.

Kegiatan itu diadakan pada tanggal 25-27 Oktober 2023 di Lembah Gunung Tidar, Magelang. Beberapa fakta dan agenda-agenda yang akan dilakukan sebagaimana dimaksud berikut:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Diikuti seluruh menteri dan wakil menteri

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan agenda penggemblengan di Magelang akan jauh lebih rumit dibandingkan rapat kabinet paripurna perdana yang digelar di Istana Negara, Rabu (23/10) karena diikuti seluruh menteri dan wakil menteri.

Namun demikian, Hasan masih enggan memberikan rincian agenda dan materi apa saja yang akan diberikan dalam 'ospek' tersebut.

“Jadi ini suatu waktu bangunantapi sekaligus juga koordinasi-koordinasi antar kementerian,” kata Hasan di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Rabu (23/10).

Prabowo dan Gibran hadir

Hasan juga memastikan Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan hadir. Prabowo akan berangkat menggunakan pesawat kepresidenan.

“Pak Wapres akan hadir juga di Magelang nanti,” kata dia.

Menteri-Wamen berangkat pakai pesawat TNI AU

Hasan juga mengungkap pembantu Prabowo yang akan berangkat dari Jakarta ke Magelang menggunakan pesawat khusus. Mereka dijadwalkan berangkat pada hari ini, Kamis (24/10) pukul 13.30 WIB.

“Kita berangkat menggunakan pesawat TNI AU,” kata dia.

Dibekali seragam khusus

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengungkap para menteri Kabinet Merah Putih akan mengenakan seragam saat menjalani pembekalan di Akademi Militer di Lembah Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Toni, sapaan akrabnya, mengatakan seragam itu sudah diumumkan.

Selain seragam, ada kemeja, dua pasang kalau baseball salah, (warna) putih dan khaki. Kemudian ada sepatu, ada kaos olahraga, dan ada topi juga, kata Toni saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10) .

Nginap di tenda

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Ferry Noor sebelumnya juga mengungkapkan para menteri dan wakil menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran akan menginap di tenda selama agenda penggemblengan itu.

Infonya tiga sampai empat hari, dan nginapnya di tenda, kata Afriansyah.

Mengikat kabinet

Ketua Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kegiatan itu untuk menyamakan visi dan misi presiden dengan para pembantunya di kabinet.

“Itu ada penyamaan visi yang akan dilakukan di Akmil selama tiga hari. Setelah itu mulai bekerja,” kata Dasco di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10).

Namun Dasco mengaku tak tahu materi apa saja yang akan diberikan kepada para menteri di acara itu. Ia berkata tak ikut dalam persiapan acara.

Arahan 100 hari pertama masa kerja

Dasco juga mengatakan akan memaparkan langkah-langkah yang akan dilakukan pemerintah di awal masa pemerintahan. Sebab Prabowo ingin agar seluruh anak buahnya paham dan mengerti dengan baik program-program apa saja yang akan dilakukan.

“Langkah-langkah yang akan dilakukan, terutama mungkin dalam 100 hari ke depan,” kata dia.

Presentasi menteri/wamen

Menteri Kebudayaan Fadli Zon menyebut dalam kegiatan kru para menteri nantinya diminta untuk memaparkan berbagai program dan kebijakan yang akan dilakukan ke depannya berdasarkan hasil kajian.

Namun demikian, ia juga mengaku masih belum mendapatkan bocoran materi apa yang akan diberikan.

“Saya kira ini bagus sebagai upaya untuk pembangunan timkalau tidak salah satu satunya juga akan ada koordinasi terkait dengan pembidangan kami masing-masing,” kata Fadli di Kantor Kemendikbudristek, Senin (21/10).

Alasan pilih Lembah Tidar

Presiden Prabowo mengungkap alasan Akademi Militer, Lembah Tidar, Magelang, dipilih sebagai lokasi pembekalan para menteri Kabinet Merah Putih. Magelang, kata Prabowo, adalah salah satu pusat perlawanan terhadap penjajah. Dia ingin semangat perjuangan itu bisa menular ke kabinetnya.

Prabowo mengatakan Ujian Kemerdekaan Indonesia ada di daerah, bukan di Jakarta.

Sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara lima gunung itu. Saya kira cukup membawa aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air, ujar Prabowo saat membuka sidang kabinet perdana di Kantor Presiden, Jakarta , Rabu (23/10).

Prabowo mengatakan mengutamakan kerja sama tim. Oleh karena itu, ia ingin memulai kerja pemerintah dengan membangun tim kerja yang sama di antara seluruh anggota kabinet.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]







Source link

Leave a Comment