Berkas Lengkap, Calon Wawalkot Metro Lampung Dilimpahkan ke Kejari




Jakarta, CNN Indonesia

Penyudik sentra Gakkumdu Kota Metro, lampungmelimpahkan berkas perkara dan tersangka pidana pemilu calon Wakil Wali Kota (Wawako) Metro, Qomaru Zaman ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Metro.

Pelimpahan itu dilakukan penyidik ​​Gakkumdu setelah jaksa menyatakan berkas perkara tersebut lengkap atau P21.

“Sudah dilimpahkan. Tadi sekitar pukul 09.30 WIB, penyidik ​​melimpahkan itu kejaksaan, tersangka berikut barang buktinya,” kata Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Metro, Yayan Indriana, Kamis (24/10) seperti dikutip dari detikSumbagsel.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Usai menerima berkas perkara tersebut, lanjut Yayan, memikirkannya akan segera melengkapi berkas untuk dilimpahkan ke pengadilan.

“Selesai ini kami mau limpahkan nanti ke pengadilan, mungkin besok atau Senin depan,” jelasnya.

Sementara itu pengacara Qomaru Zaman, Hadri Abunawar mengatakan kliennya akan kooperatif dan mengikuti setiap proses hukum yang ada.

“Kita akan mengikuti proses hukum selanjutnya, kita sama-sama menghormati setiap proses hukum yang ada, untuk kita memperoleh suatu kepastian hukum. Iya sudah P21 di kejaksaan, maka hari ini pihak penyidik ​​menyerahkan tersangka, barang bukti dan berkas perkaranya ke Kejaksaan Negeri Metro, ” ungkapnya.

Sebelumnya, calon Wawako Metro, Lampung, Qomaru Zaman ditetapkan menjadi tersangka oleh Sentra Gakkumdu. Qomaru disangkakan memakai fasilitas negara untuk berkampanye pada kegiatan sosial bansos saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Metro.

Dalam rekaman video yang terlihat, Qomaru memberikan berbagai macam dalam kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota Metro yakni sosialisasi bantuan sosial program sembako.

Saat memberikan sambutan, dirinya malah berkampanye mengajak masyarakat dan tamu undangan yang hadir untuk kembali memilih dia dan pasangannya Wahdi agar bisa kembali memimpin Kota Metro. Kegiatan ini berlangsung pada bulan September 2024 lalu.

Atas beredarnya video tersebut, Bawaslu Kota Metro pun bergerak dan melakukan pendalaman hingga akhirnya kasus tersebut teregistrasi dan ditindaklanjuti Gakkumdu Kota Metro yang Tiba di lokasi tersangka untuk Qomaru Zaman.

Baca berita lengkapnya di sini.

(tim/anak)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment