Abdul Mu’ti Janji Tingkatkan Gaji Guru SD dan SMP




Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu'ti mengatakan akan meningkatkan gaji dan kesejahteraan guru sekolah dasar dan menengah pertama.

Mu'ti berharap peningkatan kesejahteraan guru juga dapat melemah secara positif dengan peningkatan kualitas pengajaran di bidang masing-masing.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Harapan kami, ketika kesejahteraan guru meningkat dapat diikuti dengan semangat mendidik yang meningkat. Dengan guru yang berkualitas, maka proses dan hasil pembelajaran pun akan berkualitas,” Mu'ti di Jakarta pada Kamis (24/10), dikutip dari Antara.

Mu'ti juga menyampaikan bahwa peningkatan gaji dan kesejahteraan guru sudah mendapatkan porsi anggaran di tahun 2025, meski ia belum dapat menyebutkan angka pasti terkait kenaikan gaji guru tersebut.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah itu menyatakan kualitas guru akan menjadi fokus utama Kemendikdasmen dalam beberapa waktu mendatang.

Menurutnya, peningkatan kualitas guru juga akan mencakup peningkatan bimbingan konseling (BK) melalui dua pendekatan, yaitu peningkatan kualitas guru BK serta pelatihan untuk guru-guru bidang studi agar memiliki kemampuan konseling.

Mu'ti mengatakan peningkatan kualitas guru itu secara khusus berkenaan dengan peningkatan kemampuan numerasi dan peserta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didik, sesuai dengan prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran yang ingin meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang sains dan teknologi.

“Jadi pendidikan masa depan tidak hanya sekedar mengajarkan dan mentransformasikan ilmu, tetapi juga berkaitan dengan menanamkan nilai-nilai dalam setiap bidang studi,” ujarnya.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment