Pj Gubernur Sumsel Pimpin Simulasi Mitigasi Bencana: Kami Siap Siaga



Jakarta, CNN Indonesia

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Elen Setiadi, memimpin langsung Apel Gabungan dan Simulasi Mitigasi Bencana Banjir di halaman Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, pada Rabu (23/10). Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur penting seperti TNI/Polri, Pol PP, serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Dalam apel tersebut, Elen menyoroti betapa beratnya Sumsel dalam melewati masa-masa sulit bencana akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan, terutama sepanjang musim kemarau tahun ini.

“Akhirnya musim kemarau yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini adalah kabar baik bagi kita semua,” ujarnya.




Pemprov SumselFoto: Arsip Pemprov Sumsel.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa musim penghujan yang baru saja tiba membawa tantangan baru. Dengan curah hujan yang tinggi di Sumsel, risiko bencana banjir dan tanah longsor harus dimitigasi. Untuk itu diperlukan kesiapsiaagan dalam menanggulangi dampak yang ditimbulkan dari risiko bencana tersebut.

“Hari ini kita bersama di sini adalah salah satu bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan bencana,” ucapnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Elen menambahkan, persiapan mitigasi ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko dampak bencana. Mulai dari penyiapan peralatan dan personil untuk kesiapsiagaan pertandingan bencana dan simulasi untuk meningkatkan kemampuan personil serta uji fungsi dari peralatan yang ada.

“Banyak hal yang harus kita lakukan seperti perbaikan kondisi lingkungan memperbaiki fungsi daerah atau wilayah resapan air, daerah sungai, atau daerah lereng perbukitan yang gundul atau kritis dan lainnya,” ungkapnya.




Pemprov SumselFoto: Arsip Pemprov Sumsel.

Oleh karena itu, Elen juga mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kontribusi seperti dukungan personel dan peralatan dalam penanganan risiko bencana di Sumsel.

“Kita gelar apel sekaligus dapat melaksanakan uji fungsi dari kemampuan personel dan kesiapan peralatan kita masing-masing, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi apa yang menjadi kekurangan untuk dapat kita sempurnakan lagi,” tutupnya.

(ori/ori)






Source link

Leave a Comment