Kejagung Tahan 3 Hakim PN Surabaya yang Vonis Bebas Ronald Tannur




Jakarta, CNN Indonesia

Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi memegang tiga hakim agung yang memvonis bebas Gregorius Ronald Tannur dalam kasus pembunuhan. Sebelumnya, hakim ketiga telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung Abdul Qohar menjelaskan tiga hakim dan satu pengacara ditahan selama 20 hari.

Jaksa penyidik ​​menetapkan tiga orang hakim atas nama ED, HH, dan M setta pengacara LR sebagai tersangka karena telah ditemukan bukti korupsi berupa suap atau gratifikasi, kata Abdul dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (23/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Terhadap tersangka ketiga penerima dilakukan terpencil di Rutan Surabaya dan tersangka pemberi kabar di Rutan Salemba cabang Kejagung selama 20 hari ke depan sesuai dengan surat terpencil,” imbuhnya..

Hakim ketiga yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Erintuah Damanik, Mangapul, dan Heru Hanindyo. Sementara pengacara yang ditetapkan sebagai tersangka merupakan pengacara dari Ronald Tannur bernama Lisa Rahmat.

Pada bulan Juli lalu, Majelis Hakim PN Surabaya menjatuhkan vonis bebas terhadap Ronald Tannur atas dugaan kasus yang menyebabkan kematian seseorang.

Menurut hakim, kematian Dini Sera Afriyanti (29) disebabkan oleh penyakit lain akibat meminum minuman beralkohol, bukan karena luka dalam atas dugaan yang dilakukan oleh Ronald Tannur.

Komisi Yudisial (KY) telah memberikan sanksi berat berupa penghentian tetap dengan hak pensiun terhadap Erintuah Damanik dkk. KY meminta MA segera menggelar sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) untuk mendapatkan rekomendasi rekomendasi.

KY menyebut dalam temuan mereka ketiga hakim PN Surabaya pada kasus tersebut juga membacakan fakta hukum yang berbeda dalam kesepakatan dengan salinan putusan.

Atas dasar itu, KY menyatakan ketiga hakim dalam kasus itu terbukti secara meyakinkan melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim dengan klasifikasi tingkat pelanggaran berat.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment