3 Hakim PN Surabaya Ditangkap Terkait Vonis Bebas Ronald Tannur




Jakarta, CNN Indonesia

Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Febrie Adriansyah menyatakan penangkapan tiga hakim PN SurabayaJawa Timur itu dilakukan terkait vonis bebas penculikan Ronald Tannur.

Betul ada penangkapan, jawabnya kepada wartawan lewat pesan singkat saat dikonfirmasi soal penangkapan hakim di Surabaya, Rabu (23/10).

Ia menyebut penangkapan dilakukan terhadap sejumlah hakim yang terlibat dalam hukuman Ronald Tannur, dan seorang advokat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Ada tiga hakim dan satu pengacara (yang ditangkap),” ujarnya.

Kendati demikian Febrie belum dapat bersantai lebih jauh ihwal kronologi dan barang bukti yang diamankan pada saat penangkapan.

Dia mengatakan hal tersebut akan disampaikan langsung dalam konferensi pers di Kejagung, Jakarta, yang rencananya digelar pada Rabu malam ini.

“Terkait [kasus] Tannur nanti sore akan ada keterangan dari Penkum,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Komisi Yudisial (KY) juga mengaku sudah mendengar hakim di PN Surabaya terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kejaksaan Agung atas kasus dugaan suap.

“Iya sudah dengar,” ujar Juru Bicara KY Mukti Fajar Nur Dewata saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Rabu.

Mukti mengatakan KY juga sedang membuka komunikasi dengan kejaksaan untuk memastikan informasi tersebut.

Berdasarkan sumber yang dihimpun, salah seorang hakim PN Surabaya yang mengadili kasus penangkapan Gregorius Ronald Tannur (31), yakni HH, ikut ditangkap.

“Kantor Penghubung KY Jatim sedang memastikan acaranya dengan Kejaksaan,” ucap Mukti.

Adapun berdasarkan agenda yang diterima CNNIndonesia.comKejaksaan Agung akan mengadakan konferensi pers mengenai kegiatan tersebut pada malam ini.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.comtiga hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang diamankan Kejagung itu adalah Heru Hanindyo, Erintuah Damanik, dan Mangapul. Mereka dibawa ke kantor Kejati Jatim hari ini.

Tiga hakim yang ditangkap itu merupakan majelis hakim PN Surabaya yang pernah menjadi pengadil kasus penghapusan dan pembunuhan Ronald Tannur terhadap kekasihnya Dini Sera Afriyanti. Penangkapan terhadap ketiganya ini pun dipastikan berkaitan dengan vonis bebas terhadap Ronald Tannur.

Pantauan CNNIndonesia.comhakim Heru tiba lebih dulu sekitar pukul 16.32 WIB, dengan menaiki mobil Toyota Innova hitam dan kawalan beberapa jaksa serta dua personel Polisi Militer.

Sementara dua hakim lainnya yakni Erintuah Damanik dan Mangapul tiba pukul 17.02 WIB dengan membawa dua mobil yang berbeda. Selain itu ada satu perempuan yang ikut digiring jaksa, namun belum diketahui identitasnya.

Baik Heru, Erintuah maupun Mangapul bungkam dan tak memberikan keterangan apapun. Mereka lalu digelandang menuju ke dalam gedung Kejati Jatim.

(tfq, ryn/anak)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment