Dasco Respons Bahlil soal ‘Tukar Guling’ Kursi Ketua MPR dan Menteri




Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menanggapi kabar 'tukar guling' di balik delapan kursi menteri yang didapat Golkar di Kabinet Merah Putih kepresidenan Prabu Subianto.

Kabar itu sebelumnya sempat diungkapkan Ketua Umum Golkar yang juga Menteri ESDM Bahlil Lahadalia beberapa waktu lalu.

Menjawab pertanyaan wartawan, Dasco mengakui ada keinginan Golkar sejak awal untuk menduduki kursi Ketua MPR sama seperti periode sebelumnya. Namun, berdasarkan hasil musyawarah mufakat antarfraksi kursi itu kini diberikan ke Gerindra.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Waktu itu sebagai partai yang didukung ada keinginan Golkar juga untuk kemudian menduduki kursi pimpinan MPR, tapi setelah musyawarah mufakat, ya akhirnya diserahkan kepada Pak Muzani [Sekjen Gerindra Ahmad Muzani] dan Partai Gerindra,” kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (22/10).

Menurut Dasco, keputusan itu juga telah disepakati oleh fraksi-fraksi lain. Dasco membantah ketua MPR ditukar dengan menteri. Menurutnya itu berdasarkan musyawarah mufakat.

“Musyawarah mufakat,” tegas dia yang juga Ketua Tim Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu.

Sebelumnya, Bahlil mengungkap cerita 'tukar guling' di balik delapan jatah kursi partainya dalam Kabinet Merah Putih yang dilantik Presiden Prabowo Subianto.

Menurut Bahlil, jumlah delapan kursi menteri bertambah, dari semula hanya lima untuk Golkar. Menurut dia, penambahan tiga kursi itu didapat setelah Golkar memberikan jatah kursi Ketua MPR ke Partai Gerindra sebagai pemenang Pilpres 2024.

“Waktu itu MPR dikonsesuskan untuk diberikan kepada partai sahabat kita yang memenangkan Pilpres, kami kan enggak bisa lawan presiden pak, kalau kami lawan presiden repot semua kan,” kata Bahlil dalam pidatonya di peringatan 60 tahun HUT Golkar, Senin (21/10) malam .

Rincian daftar delapan kursi di kabinet untuk Golkar adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Wihaji.

Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nusron Wahid, Menteri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Maman Abdurrahman, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sedangkan tiga wakil menteri yakni Lodewijk Freidrich Paulus, sebagai Wakil Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Christina Aryani sebagai Wakil Menteri Pelindungan Pekerja Migran Indonesia/Wakil Kepala BP2MI, serta Dyah Roro Esti Widya Putri sebagai Wakil Menteri Perdagangan.

Lalu, ada Luhut Binsar Panjaitan sebagai Kepala DEN. Golkar juga mendapatkan satu pejabat setingkat menteri yang akan diisi TB Ace Hasan Syadzily sebagai Gubernur Lemhannas.

(melalui/anak)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment