Apa Peran dan Tugas Raffi Ahmad Cs Jadi Utusan Khusus Prabowo?



Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Ke-7 Joko Widodo menetapkan Peraturan Presiden Nomor 137 Tahun 2024 tentang Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus PresidenStaf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Penetapan Perpres itu ditandatangani Jokowi 18 Oktober 2024 saat ia masih menjabat Presiden.

Aturan ini kemudian menjadi payung dasar pemerintahan Prabowo Subianto untuk mengangkat jajaran penasihat dan utusan khusus presiden.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Banyak dari mereka adalah nama-nama kondang seperti Raffi Ahmad, Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Miftah Maulana alias Gus Miftah.

Dalam salinan perpres yang diunduh di laman jdih.setneg.go.id, Selasa (22/10), perpres itu mengatur tentang keberadaan Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden serta Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Baik Penasihat Khusus Presiden dan Utusan Khusus Presiden dibentuk untuk melaksanakan tugas Presiden.

Keduanya melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam daftar organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Penasihat Khusus Presiden ataupun Utusan Khusus Presiden bertanggung jawab kepada Presiden, dan laporan pelaksanaan tugas keduanya dikoordinasikan oleh Sekretaris Kabinet.

Tugas dan kewajiban Staf Khusus dengan Utusan Khusus ibarat serupa tetapi tak sama. Beda-beda tipis.

Staf Khusus

Perpres pemungkas yang diteken oleh Jokowi ini menjelaskan bahwa Staf Khusus Presiden melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Staf Khusus Presiden secara administratif bertanggung jawab kepada Sekretaris Kabinet.

Staf Khusus Presiden dalam pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, yang diangkat oleh Presiden dari salah satu Staf Khusus Presiden. Dalam pelaksanaannya, masing-masing Staf Khusus Presiden bertanggung jawab kepada Presiden.

Staf Khusus Presiden dalam melaksanakan kewajiban menerapkan prinsip koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi yang baik dengan instansi pemerintah.

Pasal 36 Ayat 2 berbunyi: Dalam rangka terwujudnya pelaksanaan tugas Staf Khusus Presiden dengan baik, Sekretaris Kabinet mengatur tata kerja Staf Khusus Presiden.

Utusan Khusus

Utusan Khusus Presiden sementara itu melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susun organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Utusan Khusus Presiden bertanggung jawab kepada Presiden.

Pasal 18 Ayat 3 Perpres ini berbunyi: Laporan tugas Utusan Khusus Presiden dikoordinasikan oleh Sekretaris Kabinet.

Pengangkatan dan tugas pokok Utusan Khusus Presiden ditetapkan dengan Keputusan Presiden. Utusan Khusus Presiden dapat berasal dari Pegawai Negeri Sipil atau non-Pegawai Negeri Sipil.

Dengan demikian, baik Staf Khusus maupun Utusan Khusus nantinya berada di bawah koordinasi Seskab yang kini dijabat Walikota Teddy Indra Wijaya.

Berikut daftar lengkap pembidangan tugas Utusan Khusus Presiden di kabinet Prabowo

  1. Muhamad Mardiono Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan
  2. Setiawan Ichlas Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan
  3. Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Ipul sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan
  4. Raffi Farid Ahmad Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni
  5. Ahmad Ridha Sabana, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital
  6. Mari Elka Pangestu, Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan
  7. Zita Anjani Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata

(dhf/gil)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment