IPS Kategori Baik Tahun 2024, Pemkot Kotamobagu Terima Penghargaan dari BPS – Berita online Lokal


KOTAMOBAGU, Berita Online Lokal. Com – Pemerintah Kota Kotamobagu kembali menorehkan prestasi memuaskan. Pada Senin, 21 Oktober 2024, Pj. Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, SH M.Si, menerima penghargaan atas capaian Pemerintah Kota Kotamobagu sebagai daerah dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) kategori baik tahun 2024.

Penghargaan ini diberikan oleh Inspektur Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, Dr. Dadang Hardiawan, S.Si., M.Si., dalam acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Survei Pertanian 2023 BPS se-Sulawesi Utara, yang digelar di Hotel Manado Tateli Resort.

Penghargaan ini diberikan kepada Pemkot Kotamobagu atas pencapaian dalam pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024.

Nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkot Kotamobagu mengalami peningkatan yang signifikan, yakni mencapai 2,99, setelah pada tahun sebelumnya berada di angka 1,6.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, menyatakan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam pengelolaan data statistik sektoral, khususnya Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kotamobagu yang masuk dalam penilaian tahun 2024.

“Tentu kami bersyukur atas pencapaian ini. Penghargaan ini menunjukkan penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu telah berjalan sebagaimana yang diharapkan, bahkan pencapaiannya lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini berkat kerjasama dan sinergitas seluruh perangkat daerah dalam pengelolaan data statistik sektoral,” ujar Fahri Damopolii.

Lebih lanjut, ia berharap agar hadirnya penyelenggaraan statistik sektoral di Pemkot Kotamobagu dapat semakin meningkat, seiring dengan komitmen untuk terus menjaga kualitas data dan tata kelola statistik yang lebih baik.

Dengan pencapaian ini, Pemkot Kotamobagu berhasil masuk dalam daftar daerah dengan kategori IPS baik, yang menjadi bukti atas peningkatan kinerja dalam pengelolaan statistik sektoral.

Rakorda yang mengangkat tema “Evaluasi Data Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024 untuk Mengawal Kualitas Data Pertanian Provinsi Sulawesi Utara” ini juga dihadiri oleh Kepala BPS Sulut, Aidil Adha, SE, ME, para Wali Kota dan Bupati penerima penghargaan, serta para Kepala BPS dan Kepala Dinas Kominfo se-Sulawesi Utara.

(Hery)


Tampilan Postingan: 5



Source link

Leave a Comment