Apa Itu Program ‘Quick Win’ Prabowo yang Telan Anggaran Rp100 T Lebih?




Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Prabu Subianto mencanangkan Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) atau yang disebut 'quick win' dengan anggaran melebihi Rp100 triliun.

Program quick win telah disetujui DPR melalui Undang-Undang Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2025.

Program quick win pertama adalah makan bergizi gratis. Prabowo menyiapkan anggaran Rp71 triliun untuk program Andalannya sejak kampanye itu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Kemudian, ada program pembangunan lumbung pangan nasional di daerah dan desa yang menelan anggaran Rp15 triliun. Prabowo ingin melakukan intensifikasi lahan pertanian seluas 80 ribu hektar dan mencetak sawah baru 150 ribu hektar.

Program quick win ketiga adalah rekonstruksi sekolah dengan anggaran Rp20 triliun. Program ini mencakup perbaikan ruang kelas, mebel, dan MCK (mandi, cuci, kakus) di 22 ribu sekolah.

Selain itu, ada program pemeriksaan kesehatan gratis dengan anggaran Rp3,2 triliun. Program ini meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, foto rontgen, dan screening penyakit katastropik.

Prabowo juga menyiapkan program penuntasan TBC dengan anggaran Rp8 triliun. Lalu pembangunan sekolah unggulan terintegrasi dengan anggaran Rp4 triliun.

Program quick win ketujuh adalah pembangunan rumah sakit lengkap berkualitas di daerah. Program ini mencakup peningkatan kualitas rumah sakit di daerah dari tipe D menjadi tipe C beserta sarana dan prasarana serta alat kesehatannya. Prabowo menyiapkan anggaran Rp1,8 triliun.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment