Pelantikan Prabowo-Gibran Mulai Jam 10, Dibuka dengan ‘Indonesia Raya’




Jakarta, CNN Indonesia

Prabu Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada hari ini, Minggu (20/10). Prosesi pelantikan berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga 11.23 WIB.

Prabowo-Gibran dilantik dan diambil sumpah jabatannya di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta. Agenda sidang paripurna pelantikan presiden dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Ketua MPR RI, Ahmad Muzani akan memimpin sidang paripurna pelantikan yang bakal berlangsung hingga pukul 11.23 WIB tersebut.

Masing-masing melakukan penandatanganan berita acara pelantikan dan menyampaikan berita acara pelantikan.

Dalam acara ini akan ada proses pertukaran tempat duduk antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan Prabowo dan Gibran. Setelah prosesi ini, Ketua MPR melanjutkan sidang Paripurna.

Prabowo menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden RI pada pukul 10.47-11.05 WIB.

MPR Sidang Paripurna ditutup pukul 11.15-11.20 WIB. Selanjutnya acara ditutup dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya pukul 11.20-11.23 WIB.

Usai menjalani prosesi pelantikan, Prabowo dan Gibran dijadwalkan berangkat ke Istana Negara untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo.

Sebanyak 33 kepala negara dipastikan hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 ini.

Selain tampil di petinggi negara lain, beberapa mantan presiden dan wapres Indonesia juga disebut akan hadir seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Try Sutrisno, Budiono, dan masih banyak lagi.

Sejumlah politisi seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan akan hadir di Kompleks Parlemen.

Namun, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri disebut tak akan hadir karena alasan kesehatan. Sebaliknya, Megawati memerintahkan seluruh anggota PDIP untuk hadir di acara pelantikan tersebut.

(lom/dmi)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment