24 Wakil Rakyat Ikuti Orientasi DPRD Kota Tomohon 2024 – Berita online Lokal


BERITA ONLINE LOKAL,TOMOHON – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wakil Rakyat Kota Tomohon Periode 2024-2029 mengikuti Orientasi Anggota DPRD yang bertempat di hotel Four Point's by Sheraton Manado. Senin, (14/10/2024).

Orientasi dilaksanakan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah janji sebagai anggota DPRD.

Penyelenggaraan organisasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota dilaksanakan oleh BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara, bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Kota Tomohon. Kegiatan berlangsung 13-17 Oktober 2024.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah.

Anggota DPRD mempunyai hak mengikuti organisasi guna menjalankan fungsi, tugas dan wewenangnya sebagaimana amanat Permendagri nomor 6 tahun 2024 tentang organisasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Orientasi bertujuan untuk memahami fungsi, tugas dan wewenang DPRD, meningkatkan wawasan kebangsaan dan meningkatkan integritas dan moralitas dalam mengimplementasikan kode etik untuk menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas Anggota DPRD.

Orientasi dilaksanakan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah janji sebagai anggota DPRD.

Penyelenggaraan organisasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota dilaksanakan BPSDMD Provinsi yang menyelenggarakan fungsi pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Kegiatan orientasi ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam perjalanan anggota DPRD sebagai wakil rakyat yang memiliki peran dan tanggung jawab yang besar.

Tidak hanya menjadi wakil rakyat, tetapi juga sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan, mengawasi pelaksanaan program serta mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu penting bagi kita semua selalu berpegang pada prinsip – prinsip transparansi, akuntabilitas dan integritas dalam setiap langkah yang kita ambil.

Kerja sama yang harmonis antara eksekutif dan legislatif, serta partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat akan menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan. Jadi orientasi ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen bersama dalam mewujudkan Kota Tomohon yang semakin maju, berdaya saing dan sejahtera.

Diketahuinya, yang menjadi nara sumber dalam kegiatan orientasi tersebut, Drs. Marhaen R. Tumiwa, M.Pd, Joachim J. Elias S.Pd PETA. Ir Jefferson P.H Waha. MAP, dan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Masna J. Pioh, S.Sos.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kaban BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara Drs. Marhaen R. Tumiwa, M.Pd, Ketua DPRD Kota Tomohon Ferdinand Mono Turang, S.Sos, beserta Anggota DPRD Kota Tomohon, serta Sekretaris Dewan DPRD Kota Tomohon Steven Waworuntu, S.STP, MAP. (Hendro/Adve)


Tampilan Postingan: 1



Source link

Leave a Comment