Momentum Jumat Bersih, Pj Bupati Denny Manggala Gerakan Gotong Royong Bersihkan Minahasa Tenggara dari Sampah – Berita online Lokal


Belang,BeritaOnlineLokal.com – Seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melaksanakan gerakan bersih-bersih sampah di kecamatan belang Jumat (25/10/2024). Ini adalah pencanangan gerakan “perangi sampah” di kabupaten Minahasa Tenggara yang diinsiasi oleh Pj Bupati Denny Manggala. Selain melibatkan jajaran Pemkab Minahasa Tenggara gotong royong kebersihan ini juga mengikutsertakan Hukum Tua dan perangkat desa Se kecamatan belang agar bisa memberikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan.

Salah satu Hukum Tua di desa Buku Selatan Suriadi Ilolu mengatakan gerakan kebersihan yang dilakukan Pemkab Mitra dan Pemerintah kecamatan belang sangat luar biasa. Pertamakali ada gerakan seperti ini di kecamatan belang yang diprakarsai oleh Pj Bupati bahkan melibatkan seluruh ASN.

“Jadi kalau bukan masyarakat yang sadar agar tidak membuang sampah sembarang siapa lagi,” kata Ilolu.Ia menambahkan jika gerakan ini dilakukan terus sampai tingkatan desa, maka daerah ini akan bersih.”Ini juga mengedukasi agar masyarakat hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Ilolu juga mengungkapkan kegiatan ini sangat bagus dan bisa diadakan setiap hari Jumat.”Agar masyarakat bisa melihat kebersihan dengan ikut serta menjaga kebersihan.

Semoga masyarakat serta ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,”ujarnya.

Ilolu menyampaikan kegiatan ini sangat bagus apa yang dilakukan Pj Bupati bersama jajaran.

”Menurut saya bagus karena program Jumat bersih dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk terus dan terus digalakkan,” ucap ilolu.Dia berharap kegiatan ini terus dilakukan, bahkan masyarakat bisa ikut terlibat setidaknya menjaga kebersihan.”Termasuk para BPD,kader posyandu dan seluruh elemen masyarakat .mari kita sama-sama menjaga kebersihan dan Tidak membuang sampah sembarangan dengan membuangnya di tempat sampah yang disediakan,” imbuhnya.

Pj Bupati menyampaikan Momen Jumat bersih ini, pemerintah kabupaten Minahasa Tenggara terus menggalakkan program Jumat bersih dan hari ini di laksanakan di kecamatan belang.

”Ini berkat kerjasama yang dibangun Pemkab Minahasa tenggara bersama Pemerintah kecamatan belang kita menjaga lingkungan bersih. Kebiasaan tradisi ini kita harus tularkan ke masyarakat dan pada generasi selanjutnya,” ungkap Manggala.Budaya menjaga kebersihan ini harus digalakkan terus menerus. Makanya akan dilakukan gerakan kebersihan setiap hari Jumat kedepannya. “Kita himbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang minimal setelah makan atau minum sampahnya dibawa ke tempat sampah,” Tutup Manggala.

Penulis : Dirga


Tampilan Postingan: 8



Source link

Leave a Comment