KPU Mitra Sukses Gelar Simulasi Jelang Pilkada Serentak  – Berita online Lokal


Silian Raya, BeritaOnlineLokal.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara serta Rekapitulasi Perhitungan Perolehan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Otnie Tamod melalui Kepala Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu Ryan Sandag kepada sejumlah awak media menjelaskan, kegiatan simulasi ini dilaksanakan KPU di semua Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia. Sebagai tindak lanjut surat dari Ketua KPU RI nomor 2279.

“Jadi simulasi ini bertujuan, memberi pemahaman ataupun mendidik masyarakat kepada. Tentang bagaimana tatacara mengumpulkan dan menghitung suara,” ujar Sandag.

Selain itu juga menurut Sandag, kami juga melakukan simulasi dengan menggunakan pemilih nyata. Hal tersebut juga bertujuan, mengukur dari waktu pelaksanaan pengumpulan sampai perhitungan suara.

“Adapun menjadi harapan kami KPU Mitra, masyarakat mendapatkan pemahaman tentang tatacara pemungutan dan perhitungan suara. Mulai dari datang , kapan dia masuk ke TPS, apa dokumen yang harus dibawah sampai pada dia selesai mencoblos. Termasuk juga KPPS memahami tentang mekanisme pemungutan dan perhitungan suara,” pungkas Sandag.

Diakui Sandag, sejauh ini memang PKPU untuk pengumpulan dan perhitungan suara belum keluar. Namun, kami mengacu pada pelaksanaannya dari surat dinas KPU RI nomor 2279.

“Sejauh ini kami mengacu pada pelaksanaan dari surat dinas KPU RI nomor 2279,” jelas Sandag.

Lebih lanjut dikatakan Sandag, selesai pelaksanaan Simulasi ini kita akan melakukan evaluasi apa yang telah menjadi kekurangannya. Dicontohkan, petugas KPPS bekerja apa.

“Contoh juga, KPPS satu apakah sudah berjalan sebagaimana KPPS satu atau KPPS dua nanti kita melakukan evaluasi. Kalau untuk potensi sejauh ini kami belum bisa melihatnya,” tegas Sandag.

Peliput : **/Dirga


Tampilan Postingan: 6



Source link

Leave a Comment