KPK Geledah 2 Rumah di Samarinda-Kutai Terkait Kasus IUP Kaltim




Jakarta, CNN Indonesia

KPK menggeledah satu rumah di Kutai Kertanegara dan satu rumah di Samarinda, Kalimantan Timurterkait penyidikan kasus dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto menjelaskan lembaga antirasuah berikutnya membongkar empat brankas dalam upaya paksa yang dilakukan pada Selasa (22/10) dan Rabu (23/10) itu.

Brankas-brankas tersebut telah diperiksa oleh penyidik ​​KPK pada kegiatan penggeledahan sebelumnya, kata Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (24/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Tessa menjelaskan penyidik ​​KPK juga telah menyita sejumlah dokumen fisik dan elektronik dari penggeledahan dan pembongkaran tersebut.

Lebih lanjut, dia menyebut upaya paksa ini dilakukan terhadap rumah sakit salah satu dari tiga tersangka yang telah ditetapkan dalam kasus ini. Meski begitu, Tessa tetap mempertahankan kediaman tersangka yang menjadi sasaran penggeledahan itu.

Berdasarkan hasil penggeledahan tersebut, KPK telah melakukan penyitaan berupa dokumen-dokumen terkait Izin atau IUP dan kegiatan pertambangan, catatan-catatan transaksi keuangan, serta dokumen barang bukti elektronik, berupa file elektronik, jelas dia.

Ia menegaskan KPK akan terus melakukan upaya lain agar seluruh pihak yang diduga terseret dalam kasus ini dapat diadili.

Sebelumnya, dalam kasus ini KPK telah menetapkan tiga tersangka. Namun identitas seluruh tersangka belum disampaikan secara rinci.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tiga tersangka yang dimaksud berinisial AFI, DDWT, dan ROC. Mereka telah dicegah perjalanan ke luar negeri selama enam bulan pertama sebagaimana Surat Keputusan KPK Nomor 1204 tertanggal 24 September 2024.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment