Kepemimpinan Moettaqien Hasrimi di Tebing Tinggi, Dekat dengan Warga




Jakarta, CNN Indonesia

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi 2024-2025, Moettaqien Hasrimi dinilai sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan warga dengan sejumlah sifat yang dapat menjadi inspirasi.

Penelaah Teknis Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi, Dina Hairani Sinaga menilai salah satu kemampuan Moettaqien yang paling menonjol adalah dalam berkomunikasi, yang sangat membantu saat Moettaqien berdialog langsung dengan masyarakat Tebing Tinggi dalam berbagai kegiatan sosial.

“Moettaqien Hasrimi membangun hubungan yang baik dengan warga, sehingga masyarakat merasa nyaman dan percaya untuk berinteraksi dengannya. Keberadaan pejabat daerah yang dekat dan melayani masyarakat sangat penting untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dan masyarakat,” kata Dina, Senin (21/10 ).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Menurut Dina, Moettaqien paham bahwa kehadiran dan keterlibatan secara langsung merupakan strategi kepemimpinan yang efektif, yakni bukan dengan mendahulukan kepentingan pribadi atau golongan.

Komunikasi juga diterapkan Moettaqien melalui akun media sosial dan berbagai program interaktif, di mana warga Tebing Tinggi dapat terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga, warga jadi punya rasa memiliki melalui partisipasi aktif dalam membangun daerah.

“Pendekatan ini juga memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah mengakses informasi, memahami kebijakan pemerintah, dan memberikan masukan,” ungkap Dina.

Misi Moettaqien untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat Tebing kuat terlihat dalam situasi yang membutuhkan kepemimpinan, seperti kunjungan langsung kepada warga yang sedang sakit dan membutuhkan bantuan pengobatan.

Pada saat yang sama, gaya kepemimpinan Moettaqin juga mencerminkan ketegasan tinggi. Dina mengingat, saat itu Moettaqien sedang melakukan inspeksi mendadak dan mal pelayanan publik Kota Tebing Tinggi dan Dinas Dukcapil.

“Moettaqien berinteraksi langsung dengan warga untuk mengetahui apakah layanan publik yang diberikan Pemerintah Kota Tebing Tinggi sudah memenuhi kebutuhan warganya apa yang belum,” tutur Dina.

Rekam jejak Moettaqien Hasrimi

Sebelum menjabat sebagai Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Moettaqien telah lama mengambil peran di berbagai posisi pemerintahan, seperti berikut:

  • Sekretaris Lurah Simpang Tiga Pekan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2009-2011
  • Lurah Batang Terap Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2011
  • Kasubbag Protokol dan Ketatausahaan Bagian Umum Setdakab Serdang Bedagai Tahun 2011-2013
  • Kasubbag Telekomunikasi Persandian dan Pengolahan Data Pada Bagian Humas Pimpinan, Keprotokolan dan Telekomunikasi Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013-2017
  • Kepala Bagian Keprotokolan Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017-2019
  • Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019-2020
  • Kepala Bidang Protokol Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020-2023
  • Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023-sekarang.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment