Bongkar Jaringan Fredy Pratama di Kalsel, Polisi Sita 70 Kilogram Sabu




Jakarta, CNN Indonesia

Polisi kembali menyita narkotika jenis sabu sebanyak 70,76 kilogram milik jaringan bandar narkotika internasional Fredy Pratama di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukti Juharsa menyebut hamparan jaringan Fredy Pratama itu berhasil dibongkar oleh Direktorat Reserse Kriminal Narkoba Polda Kalsel.

Polri melalui Polda Kalsel telah berhasil mengungkap jaringan narkotika milik bandar besar Fredy Pratama dan menyita total 70,76 kilogram sabu, ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Winarto menjelaskan mengungkap jaringan Fredy Pratama itu berawal dari adanya penangkapan pelaku berinisial AR di salah satu hotel di Banjarmasin Utara, pada Kamis (26/9) kemarin.

Dari hasil penangkapan itu, ia mengatakan tim Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalsel menemukan barang bukti 9,1 kilogram sabu dari tas pelaku yang sudah dipisah ke dalam 8 paket ukuran besar dan 13 paket ukuran kecil.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Winarto menyebut pelaku AR mengaku kepada penyidik ​​mengedarkan barang haram sabu yang didapat dari pelaku lain berinisial MM.

Terungkap bahwa MM adalah kaki tangan Freddy Pratama alias Miming. MM berperan sebagai operator peredaran narkotika di tiga wilayah, Jakarta, Surabaya dan Bali, jelasnya.

Berdasarkan informasi tersebut, ia menyebut penyelidikan kembali melakukan pengembangan dan didapati adanya rencana pengiriman sabu yang telah diatur oleh MM menggunakan satu unit mobil Mitsubishi Triton.

Setelahnya, Winarto menyebut tim Polda Kalsel melakukan pendingin terkait rencana pengiriman sabu itu hingga akhirnya berhasil ditemukan di Jalan Hasan Basri, Banjarmasin Utara, pada Selasa (8/10) kemarin sekitar pukul 01.00 WITA.

Mukti mengatakan dari hasil akustik itu didapati dua pelaku yang bertugas sebagai kurir yakni AW dan JB. Selain itu dari mobil tersebut juga ditemukan barang bukti 50 paket sabu dengan kemasan plastik teh cina disebutkan Guanyinwang.

“Yang disembunyikan di bunker di dalam kursi belakang dengan berat total 51,3 kilogram lebih. Petugas juga turut menyita pil ekstasi yang ditemukan sebanyak 9.560 butir,” jelasnya.

Tak berhenti di situ, penyidik ​​ikut menangkap pelaku MR yang berperan sebagai pembuat bunker di mobil Triton untuk tempat penyimpanan sabu-sabu. Winarto mengatakan pelaku pengembangan kembali dilakukan hingga akhirnya penyidik ​​menemukan orang lain berinisial SA di wilayah Banua Anyar, Banjarmasin Timur, pada Kamis (10/10).

Ia menyebut pelaku SA ditangkap di sebuah rumah yang diduga merupakan tempat penyimpanan sabu milik jaringan Fredy Pratama. Dari gudang investigasi tersebut juga menyita total 10 paket besar sabu dengan berat total 10,3 kilogram lebih.

Lebih lanjut, Mukti mengaku menyambut baik keberhasilan jajaran Polda khususnya Dirresnarkoba Polda Kalsel yang telah berhasil berhasil memberantas peredaran termasuk narkoba ke jaringan Fredy Pratama hingga ke akar-akarnya.

“Sesuai Arah Kabareskrim Polri, jangan pernah berhenti dengan menangkap pelaku dan pengedar narkoba. Tapi kejar sampai aset-asetnya. Hanya dengan memiskinkan mereka kita bisa melindungi masyarakat dari bahaya narkoba,” tutupnya.

(tfq/DAL)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment