Daftar Menteri Kabinet Prabowo Latar Belakang PNS



Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Nomor menteri di Kabinet Merah Putih yang baru dilantik President Prabu Subianto pada Senin (21/10) merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di kantor tiba.

Presiden Prabowo Subianto sebelumnya melantik 48 menteri Kabinet Merah Putih. Jumlah menteri di kabinet ini bertambah 14 dari menteri di Kabinet era Presiden Jokowi.

CNNIndonesia.com merangkum beberapa menteri dengan latar belakang PNS, berikut daftarnya

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

1.MenPAN RB

Prabowo menunjuk Rini Widyantini sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB). Sebelum dilantik sebagai Menteri PANRB pengganti Abdullah Azwar Anas, Rini menjabat sebagai Sekretaris Kementerian PANRB sejak 2022.

Ia mengawali karirnya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sejak tahun 1990. Ia kemudian menjabat sebagai analis kebijakan pada tahun 1997 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Pada tahun 2008, Rini menjabat sebagai asisten deputi kelembagaan perekonomian di KemenPAN RB. Kemudian pada tahun 2009, ia diangkat menjadi asisten deputi kelembagaan perekonomian I.

Karirnya di Kementerian PANRB terbilang cemerlang. Pada tahun 2011, Rini dipercaya menjadi staf ahli menteri PANRB bidang hukum.

Setahun kemudian, Rini dipercaya sebagai deputi bidang kelembagaan. Kemudian sejak tahun 2013 hingga 2021, ia mengembangan amanah sebagai deputi bidang kelembagaan dan tata laksana di Kementerian PANRB.

2. Menteri Perdagangan

Prabowo menunjuk Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan di Kabinet Merah Putih. Budi sebelumnya merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) di Kementerian Perdagangan (Kemendag). Ia dilantik oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sebagai Sekjen Kemendag pada 14 Agustus 2024.

Sebelum dilantik sebagai Sekjen, pria kelahiran 9 Februari 1968 itu, pernah menjabat beberapa posisi di lingkungan Kementerian Perdagangan.

Budi di antaranya pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022-Agustus 2024.

Pada September 2020-Desember 2022, Budi menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020-September 2020.

3. Menteri Lingkungan Hidup

Prabowo memilih Hanif Faisol sebagai Menteri Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup. Hanif sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kementerian tersebut dipecah di pemerintahan menjadi Kementerian Kehutanan serta Kementerian Lingkungan Hidup/Badan Pengendalian Lingkungan Hidup.

Sebelum menjabat Dirjen, Hanif pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan.

Hanif juga berkarir di pemerintah provinsi, sebelum berkarir di kementerian, Hanif pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan periode Oktober 2016 hingga Juli 2020.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment