Mahyeldi-Vasko Unggul di Pilgub Sumbar Versi Survei Voxpol




Jakarta, CNN Indonesia

Elektabilitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah-Vasko Ruseimy, unggul dalam pengawasan terbaru Voxpol Center.

Dalam simulasi pikiran teratasMahyeldi-Vasko unggul dengan elektabilitas 66,9 persen. Pasangan ini melampaui Epyardi Asda-Ekos Albar yang meraup 14,9 persen. Sementara itu, sebanyak 18,3 persen responden memilih tidak tahu/tidak menjawab.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Kemudian, Mahyeldi-Vasko juga unggul dalam simulasi kepala ke kepala. Mereka unggul dengan raihan 70,3 persen, sedangkan Epyardi-Ekos di angka 16,8 persen.

Voxpol juga mengukur kemantapan pilihan responden terhadap paslon. Hasilnya, 69,8 persen menyatakan sudah mantap atas pilihannya, 21 persen menyatakan masih bisa berubah, dan 9,3 persen memilih tidak tahu/tidak jawab.

“Ada kemungkinan dia bermigrasi ini yang 21 persen. Artinya ini pemilih yang mengayun. Tapi 69 hampir 70 persen sudah mantap pilih artinya tidak mungkin berubah. Tapi yang 21 persen ini juga akan bisa mengubah peta elektoral ke depan,” kata CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangannya, Selasa (22/10).

Selain itu, Voxpol juga mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Mahyeldi yang merupakan calon petahana.

Survei itu menunjukkan sebanyak 12,6 persen responden menyatakan sangat puas, 57,5 ​​persen puas, 22,5 persen tidak puas, dan 2 persen sangat tidak puas.

“Tingkat kepuasan masyarakat itu sangat koheren dengan tingkat elekt calonabilitas kepala daerah,” ucap dia.

Survei dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 16 Oktober 2024 dengan melibatkan 800 orang responden yang dipilih menggunakan pengambilan sampel acak bertingkat.

Data dikumpulkan dengan metode wawancara tatap muka. Ambang batas kesalahan atau margin of error survei ini +/-3,47 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Mahyeldi-Vasko Ruseimy diusung koalisi PKS, Gerindra, Demokrat, Perindo dan PBB. Sedangkan Epyardi Asda-Ekos Albar diusung beranggotakan Partai Golkar, Nasdem, PAN, PDIP, Gelora dan Partai Buruh.

Belum ada survei terkini terkait Pilgub Sumatera Barat 2024.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment