Fadli Zon Duet Giring Urus Kebudayaan Negara




Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Kebudayaan Fadli Zon akan bekerja sama dengan wakilnya Giring Ganesha mengurus sektor kesejahteraan negara selama menjalankan pemerintahan di Kabinet Merah Putih 2024-2029.

Fadli mengatakan selama ini masyarakat lebih mengenal dia sebagai politikus. Padahal, Fadli mengatakan bahwa dirinya sudah memiliki minat pada budaya sejak lama, bahkan sebelum terjun ke dunia politik.

“Saya mungkin dikenal sebagai seorang politisi, tapi sebetulnya latar belakang saya adalah budaya. Saya ini sebetulnya orang budaya yang masuk politik, bukan orang politik yang masuk ke budaya. Jadi, saya punya gairah sebenarnya lebih banyak di budaya daripada politik,” ujar dia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Kecintaannya pada budaya dibuktikan dengan didirikannya Rumah Kreatif Fadli Zon pada tahun 2013 yang berlokasi di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Pada tahun 2023, rumah kreatif tersebut menerima Rekor MURI dengan kategori rumah yang mempunyai berbagai koleksi budaya Nusantara terbanyak.

Rekor MURI tersebut bukan pertama kali diberikan kepada rumah kreatifnya. Pada tahun 2011, Rumah Kreatif Fadli Zon juga meraih rekor MURI untuk tiga kategori, yakni koleksi keris terbanyak, koleksi koran tua terbanyak, dan piringan hitam terbanyak.

Selain kumpulan prangko, di rumah kreatif miliknya juga terdapat perpustakaan pribadi dengan berbagai macam koleksi, yakni sekitar 125 ribu buku, yang terdiri dari 50 ribu buku cerita silat dan komik, dan 75 buku dengan genre lainnya.

“Saya juga memimpin organisasi perkerisan, Sekretariat Nasional Keris Indonesia sejak tujuh tahun yang lalu, dan kita menjadikan keris ini salah satu bagian dari satu perwakilan ekspresi budaya yang mungkin campuran dari berbagai macam seni,” tuturnya.

Wakil Menteri Kebudayaan Giring Ganesha sementara itu mengaku sangat bersyukur telah dipinang Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi pengisi Kabinet Merah Putih. Ia menyebut pengalaman itu tidak akan pernah terlupakan sepanjang hayat.

“Ya pengalaman yang enggak akan saya lupakan seumur hidup. Terima kasih sekali lagi untuk bapak Presiden yang sudah memberikan kepercayaan,” kata Giring usai dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10).

Giring menyebut dirinya juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Kebudayaan Fadli Zon terkait program-program yang akan mereka kerjakan sepanjang pemerintahan ke depan.

Namun ia enggan membocorkan hal tersebut, terlebih menurutnya ia baru bertemu sekali dengan Fadli Zon untuk membahas perihal terbitannya itu.

“Lebih baik nanti pak menteri langsung yang akan menyampaikan fokus-fokusnya, karena sejujurnya baru pertemuan pertama kali,” kata dia.

Kendati demikian, Giring menilai Fadli Zon merupakan pribadi yang luar biasa karena sudah menyusun banyak rencana kerja dan pembagian kerja sehingga mereka akan segera bekerja pasca pelantikan.

“Luar biasanya adalah Pak Fadli Zon yang membuka pintu juga,” ujar Politikus PSI itu.

“Saya punya ide apa, dan juga semua teman-teman kemarin diajak diskusi punya ide tentang kebudayaan apa pun, ditampung, yang penting mana yang paling bisa kita eksekusi secepatnya,” imbuhnya.

(khr/gil)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment