DPR Gelar Paripurna Pengesahan Pimpinan dan Mitra Komisi Besok




Jakarta, CNN Indonesia

DPR akan menggelar rapat paripurna pengesahan pimpinan 13 komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) lain pada Selasa (22/10). Paripurna juga akan membentuk mitra kerja komisi serta AKD tersebut.

“Nanti akan ditetapkan besok pada rapat paripurna yang akan dilakukan pada hari Selasa,” kata Ketua DPR Puan Maharani di kompleks parlemen, Senayan, Senin (21/10).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Politisi PDIP itu menjelaskan DPR baru bisa mengesahkan kepala komisi dan mitra kerjanya karena menunggu Presiden Prabowo Subianto melantik menteri/kepala lembaga. Sebab, mitra kerja komisi di DPR menyesuaikan kementerian/lembaga yang ada.

“Tetapkan jumlah komisi dan AKD, dan jumlah pimpinan komisi-komisi dari semua fraksi yang ada,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, Puan memastikan tidak ada pembangunan ruangan baru di parlemen kompleks menyusul adanya tambahan dua komisi untuk periode 2024-2029. Puan mengatakan ruangan yang tersedia di DPR saat ini sudah cukup.

“Enggak ada penambahan bangunan, tapi memang sudah disiapkan ruangan,” katanya.

Namun, dia mengaku belum tahu bertahan di mana ruangan untuk komisi yang baru dibentuk. “Pokoknya di gedung DPR ini, yang ada dan yang ada,” ucap Puan.

Sebelumnya DPR hanya mendapat 11 komisi. Namun, DPR periode ini menambah dua komisi, sehingga totalnya menjadi 13.

Hal ini bertalian dengan membengkaknya jumlah kabinet Prabowo. Jumlah kementerian/lembaga yang diumumkan Prabowo mencapai 48.

Selain itu, DPR juga telah mengesahkan AKD baru bernama 'Badan Aspirasi Masyarakat'.

(thr/mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment