Siapa Menteri Termuda dan Tertua di Kabinet Merah Putih Prabowo?



Jakarta, CNN Indonesia

Jajaran menteri Kabinet Merah Putih telah dilantik Presiden Prabu Subianto telah melantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10).

Total ada 48 menteri yang dilantik Prabowo pada hari ini. Jumlahnya terdiri dari 41 menteri teknis dan tujuh menteri koordinator.

Dari seluruh jajaran menteri yang telah dilantik, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ariobimo Nandito Ariotedjo atau yang dikenal Dito Ariotedjo menjadi menteri dengan usia termuda di Kabinet Merah Putih.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Dito lahir di Jakarta pada tanggal 25 September 1990. Saat ini, Dito baru berusia 34 tahun.




Menpora Dito Ariotedjo usai dilantik sebagai Menpora periode 2024-2029 di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). (CNN Indonesia/Khaira Putri)Menpora Dito Ariotedjo usai dilantik sebagai Menpora periode 2024-2029 di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). (CNN Indonesia/Khaira Putri)

Putra bungsu Arie Prabowo Ariotedjo itu juga menjabat sebagai Menpora di kabinet Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Ia diluncurkan pada April 2023.

Sebelum menjadi menteri, Dito adalah tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang saat itu menjabat Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menjadi menteri tertua di Kabinet Merah Putih. Sjafrie lahir di Ujungpandang atau Makassar pada tanggal 30 Oktober 1952. Maka, tahun ini ia berusia 72 tahun.




Staf Khusus Kementerian Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menghadiri pertemuan dengan perwira tinggi TNI dan Polri di Mabes TNI di Jakarta pada 28 Februari 2024. (Foto oleh BAY ISMOYO / AFP)Foto: AFP/BAY ISMOYO
Staf Khusus Kementerian Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menghadiri pertemuan dengan perwira tinggi TNI dan Polri di Mabes TNI di Jakarta pada 28 Februari 2024. (Foto oleh BAY ISMOYO / AFP)

Ia memiliki latar belakang militer sebagai lulusan Akademi Militer (dahulu Akabri) pada tahun 1974. Ia satu angkatan dengan Prabowo.

Sjafrie juga dikenal sebagai salah satu orang dekat Prabowo. Apalagi, Prabowo memberikan salah satu potongan tumpeng saat ulang tahun ke-73 untuk Sjafrie.

Sebelum menjabat sebagai Menhan, Sjafrie menduduki posisi Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Manajemen Pertahanan.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment