DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan




Jakarta, CNN Indonesia

Komisi I DPR resmi menyepakati Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (tempat sampah) pengganti Budi Gunawan.

Hal ini mengakhiri usai Herindra mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (uji kelayakan dan kepatutan) di kompleks parlemen, Rabu (16/10).

Hasil dari tim tersebut menyatakan Muhammad Herindra menyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden, ujar Ketua DPR Puan Maharani.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Uji kelayakan dan kepatutan meliputi lima pimpinan DPR, termasuk Puan. Komisi I DPR menyatakan Herindra memenuhi syarat dan kualifikasi sebagai Kepala BIN.

Selanjutnya, nama Herindra akan dibuka dalam rapat paripurna DPR yang akan digelar pada Kamis (17/10).

Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya sempat mengatakan kemungkinan Herindra akan dilantik bersamaan dengan kabinet Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024.

Herindra akan menggantikan Budi Gunawan yang telah menjabat sejak 2016. Pengganti kepala itu diklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan permintaan Prabowo sebagai presiden terpilih.

Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Beliau pensiun dari TNI dengan Letnan Jenderal dengan jabatan terakhir sebagai Kasum TNI.

(thr/tsa)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Comment